Pelagis bersama Politeknik Aceh Mengadakan Workshop GIS

Banda Aceh РPoliteknik Aceh (14/10/2017) bekerjasama dengan pelagis mengadakan Workshop GIS di Kampus Politeknik Aceh. Kegiatan yang bertajuk Aplikasi dan Manfaat Geographic Information System (GIS ) untuk Mahasiswa Informatika ini bertujuan memperkenalkan teknologi GIS kepada mahasiswa Politeknik Aceh,terutama mahasiswa Teknik Informatika. Workshop ini dilaksanakan selama 1 hari ini diadakan bersama pemateri dari PELAGIS yakni Mulkal, Dosen FT Unsyiah /GIS Consultant  dan Zuhra Sofyan, Remote Sensing / GIS Programmer Expert Bappeda Kota Banda Aceh, dan diikuti oleh 20 mahasiswa.

map21

Pelatihan ini terbagi ke dalam dua sesi yaitu: Pengantar GIS dan WebGIS. Materi dari workshop ini antara lain memberikan pengetahuan-pengetahuan dasar tentang bagaimana sebuah WebGIS itu dibangun, memberikan gambaran singkat manfaat dari WebGIS serta menampilkan pengembangan WebGIS Bappeda Kota Banda Aceh. Pada pelatihan ini juga diajarkan penggunaan WebGIS dan pengelolaannya. Pemateri mengharapkan pelatihan ini dapat memberikan gambaran yang jelas tentang implementasi dari GIS, ditambah fakta bahwa kebutuhan tenaga pengelola dan programmer GIS di Aceh juga belum banyak menjadi alas an mengapa pelatihan ini perlu dilaksanakan. Penekanan akan pentingnya pengelolaan data berbasis data spasial menjadi materi utama dalam pelatihan ini. Pengimplementasian GIS ini dalam WebGIS Bappeda Kota Banda Aceh juga menjadi daya Tarik pelatihan ini. Peserta workshop juga diajarkan tentang WebGIS, sebuah Sistem Informasi Geografi berbasis web yang terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait diantaranya gabungan antara design grafis pemetaan, peta digital dengan analisa geografis, pemrograman komputer, dan sebuah database yang saling terhubung menjadi satu bagian web design dan web pemetaan. Saat ini pemerintah kota sudah sadar akan pentingnya membangun sebuah WebGIS kotanya, hal ini seperti di kota Banda Aceh yang sudah memiliki sebuah WebGIS yang sudah cukup bagus untuk dinikmati oleh masyarakat untuk berbagai keperluan.

Direktur Politeknik Aceh, Dr. Ir. Yuhanis Yunus, M.Eng, menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat membantu sekali mengingat kebutuhan pengelolaan data berbasis data spasial ini merupakan kebutuhan mutlak semua pemangku kebijakan. Politeknik Aceh sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi berbasis vokasi juga mempersiapkan mahasiswa yang bisa memahami dan bisa mengelola WebGIS sehingga kebutuhan akan tenaga GIS di Aceh bisa terpenuhi.

 

Sumber: Berita Politeknik Aceh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *