Pelatihan GIS Kabupaten Gayo Lues Untuk Mendukung Kegiatan Perencanaan dan Pembangunan

Blangkejeren, Gayo Lues (15/12/2017), Bapedda Gayo Lues bekerjasama dengan Pelagis mengadakan Pelatihan GIS di kantor Bappeda Gayo Lues. Kegiatan yang bertema Prediksi Perkembangan Wilayah dan Perubahan Penggunaan Lahan Berbasis Geographic Information System (GIS ) untuk para staf di lingkungan Bapedda Gayo Lues ini bertujuan untuk memanfaatkan aplikasi GIS dalam memprediksi perkembangan wilayah yang ada di Kabupaten Gayo Lues. Pelatihan ini dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 4 Desember 2017 sampai dengan tanggal 14 Desember 2017 dimana pelatihan ini di paparkan oleh 3 pemateri dari PELAGIS dan diikuti oleh 25 peserta.

Gis Gayo

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Bappeda Gayo Lues. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan GIS dan manfaatnya bagi perencanaan dan pembangunan. Selain materi dan latihan di ruangan, peserta juga dibekali dengan survey lapangan, hal ini dilakukan supaya peserta bisa mengaplikasi langsung semua materi yang sudah didapat sehingga akan lebih mudah di pahami dan diingat. Survey berupa pengambilan titik lokasi dan survey keadaan lahan. Setelah melakukan survey peserta juga diberikan kasus yang harus diselesaikan.

Sebelum Pelatihan berakhir, dilakukan review  hasil pelatihan dengan cara berdiskusi aktif antara peserta dan pemateri. Peserta pelatihan menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat membantu sekali mengingat kebutuhan pengelolaan data berbasis data spasial ini merupakan kebutuhan mutlak semua pemangku kebijakan, khususnya di Bappeda Gayo Lues sebagai salah satu instansi pemerintahan  yang memiliki tupoksi perencanaan dan pembangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *