Pelagis Mengadakan Pelatihan GIS di Gayo Lues

Blangkejeren, Gayo Lues (15/12/2017), Bapedda Gayo Lues bekerjasama dengan pelagis mengadakan Pelatihan GIS di kantor Bappeda Gayo Lues. Kegiatan yang bertema Prediksi Perkembangan Wilayah dan Perubahan Penggunaan Lahan Berbasis Geographic Information System (GIS ) untuk para karyawan di lingkungan Bapedda Gayo Lues ini bertujuan untuk memanfaatkan aplikasi GIS dalam memprediksi perkembangan wilayah yang ada di Kabupaten Gayo Lues. Pelatihan ini dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 4 Desember 2017 sampai dengan tanggal 14 Desember 2017 dimana pelatihan ini di paparkan oleh 3 pemateri dari PELAGIS yakni Mulkal, Dosen FT Unsyiah /GIS Consultant, Fachrurrazi,ST, Selaku Sarjana Teknik Geolfisika, dan Fachra Muharyanda, Selaku Sarjana Komputer bidang GIS.Zuhra Sofyan, Remote Sensing / GIS Programmer Expert Bappeda Kota Banda Aceh, dan diikuti oleh 25 karyawan.

Gis Gayo

Pelatihan ini dibuka dengan acara formal melalui sambutan perwakilan Bappeda Gayo Lues. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan GIS oleh Bapak Mulkal. Sebelum pelatihan GIS dimulai, para pemateri memastikan kepada semua peserta untuk menginstal aplikasi GIS di laptop atau komputer mereka masing-masing.

Materi pelatihan terdiri dari Sistem Proyeksi, Data GUS, Pengenalan Google Earth, Rektifikasi, Digitasi, Query Spasial, Field Calculator, Pengenalan GPS, Input Data dan Olah Data dari GPS, Join Table, Simbology, Pengenalan Peta, Layout dan Pengenalan Advanced Tools.

Selain diberikan materi, peserta juga dibekali dengan survey lapangan, hal ini dilakukan supaya peserta bisa mengaplikasi langsung semua materi yang sudah didapat sehingga akan lebih mudah di pahami dan diingat. Survey berupa pengambilan titik lokasi dan survey keadaan lahan. Setelah melakukan survey peserta juga diberikan kasus yang kemudian mereka harus selesaikan. Studi kasus ini berupa pengelolaan data spasial longsor.

Sebelum Pelatihan berakhir, materi me-review  hasil pelatihan dengan cara berdiskusi aktif antara peserta dan pemateri. Peserta pelatihan menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat membantu sekali mengingat kebutuhan pengelolaan data berbasis data spasial ini merupakan kebutuhan mutlak semua pemangku kebijakan. di Bappeda Gayo Lues sebagai salah satu instansi pemerintahan dimana sangat diharapkan semua karyawan bisa memahami dalam melakukan prediksi perkembangan wilayah dan perubahan wilayah yang ada di Kabupaten Gayo Lues.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *