Workshop : Kupas Tuntas WebGIS Banda Aceh

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang GIS (Geographic Information System) sudah cukup pesat dimana pengembangan applikasi GIS sudah mengarah kepada applikasi berbasis Web yang dikenal dengan WebGIS. Hal ini disebabkan karena pengembangan applikasi di lingkungan jaringan telah menunjukan potensi yang besar dalam kaitannya dengan geo informasi. Sebagai contoh adalah adanya peta online sebuah kota dimana pengguna dapat dengan mudah mencari lokasi yang diinginkan secara online melalui jaringan intranet/internet tanpa mengenal batas geografi penggunanya. WebGIS merupakan Sistem Informasi Geografi berbasis web yang terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait diantaranya gabungan antara design grafis pemetaan, peta digital dengan analisa geografis, pemrograman komputer, dan sebuah database yang saling terhubung menjadi satu bagian web design dan web pemetaan. Saat ini pemerintah kota sudah sadar akan pentingnya membangun sebuah WebGIS kotanya, hal ini seperti di kota Banda Aceh yang sudah memiliki sebuah WebGIS yang sudah cukup bagus untuk dinikmati oleh masyarakat untu berbagai keperluan.

orthophotoPada tanggal 10 Juni 2017 pelagis mengadakan workshop yang bertema “Kupas Tuntas WebGIS Banda Aceh”. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan:

  • Memberikan pengetahuan-pengetahuan dasar tentang bagaimana sebuah WebGIS itu dibangun
  • Memberikan gambaran singkat manfaat dari WebGIS
  • Memberi demonstrasi tentang pengembangan WebGIS Bappeda Kota Banda Aceh.

Kegiatan ini terbagi ke dalam tiga sesi yaitu: Pengantar GIS dan WebGIS, Pengembangan WebGIS Bappeda Kota Banda Aceh dan demo proses menampilkan peta melalui WebGIS. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan pemahaman tentang WebGIS khusus terkait pengembangan WebGIS Bappeda Kota Banda Aceh.

Zuhra Sofyan/GIS Programmer UPTB GIS Banda Aceh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *