Pelatihan GIS Perencanaan Pembangunan Jalan & Survey Kerusakan Jalan (Batch I)

GIS Untuk Perencanaan Pembangunan Jalan!

Sistem Informasi Geografis (GIS) adalah sebuah sistem atau teknologi berbasis komputer yang dibangun dengan tujuan untuk mengumpulkan, menyimpan, mengolah dan menganalisa, serta menyajikan data dan informasi dari suatu obyek atau fenomena yang berkaitan dengan letak atau keberadaannya di permukaan bumi. Pada dasarnya dapat dirinci menjadi beberapa sub sistem yang saling berkaitan yang mencakup input data, manajemen data, pemrosesan atau analisis data, pelaporan (output) dan hasil analisa.

GIS dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang mulai dai bidang pertanian, pertambangan, teknologi, dan lain sebagainya yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti halnya untuk perencanaan pembangunan jalan (transportasi).

Melihat semakin pentingnya peran GIS dalam mendukung pembangunan insfrastruktur public, Yayasan Pelagis membuka kelas pelatihan GIS untuk perencanaan pembangunan jalan. Pelatihan batch I sudah berlangsung pada tanggal 16-17 Juni 2017 yang dilakukan selama 2 hari penuh (full day). Peserta pelatihan batch I berasal dari berbagai instansi seperti;
1. Awal Permata Putra (Universitas Syiah Kuala)
2. Fuadi Ubaidillah (Universitas Syia Kuala)
3. Jefri Reinaldi ( Universitas Syiah Kuala)
4. Uli Roslaini ( Kotaku )
Adapun materi pelatihan terdiri atas;
1. Pengantar GIS
2. Rektifikasi Citra Satelit
3. Analisis Data DEM (Digital Elevation Model)
4. Analisis Profil Topografi
5. Survey Kerusakan Jalan
6. Pembuatan Data Spasial
7. Layout dan Design Peta
peserta
         Peserta Pelatihan GIS Perencanaan dan Pembangunan Jalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *